Breaking News

Team Peduli Rheno Bersama Syaharuddin Alrif Secepatnya Menindaki Pengobatan Adik Rheno

Ilustrasi

Gempitanews.com, Bontosunggu - Menindaklanjuti terkait berita Rheno Prasetyo yang dikabarkan menderita penyakit Kusta dan viral di sosial media, gabungan Pemuda Peduli Adik Renho yang terdiri dari PKH Jeneponto, Jaringan Kemanusiaan, Walusaji dan lain lain berinisiatif untuk membantu meringankan beban si penderita.

"Setelah Team pemuda peduli Adik Renho menjenguk dan mencari tahu diagnosa penyakit yang diidap oleh si penderita ternyata apa yang dikabarkan di media sosial itu keliru Adik Renho tidak mengidap KUSTA melainkan Xeroderma Pigmentosum (XP) yaitu suatu penyakit yang di sebabkan kelainan bawaan (genetik) yang sangat sensitif terhadap paparan sinar ultraviolet, penyakit ini ketika terkena paparan sinar matahari maka bintik-bintik hitam semakin bertambah dan lama kelamaan akan melepuh. Sedangkan tumor yang ada dibawah mata Renho telah di operasi beberapa bulan yang lalu namun masih butuh perawatan intensif dalam hal ini kemoterapy setiap 2 minggu sekali". Jelas Hartamink Jeka selaku koordinator gerakan peduli.

Menurut pengakuan Orang Tua Rheno Prasetyo Bapak Mansyur Dg Rani dan Ny. Murni, pengobatan kemoterapy terputus karena keterbatasan biaya serta keterbasan kamar di RS Wahidin dalam melakukan tindakan medis pada saat itu.

"Kalau di bawa ke wahidin itu kita menunggu waktu yang tidak pasti untuk di tindaki karena tidak ada ruangan kosong, dokter ada cuma ruangan untuk menindaki tidak ada karena terpakai pasien lain" Ucap Ny. Murni Ibu Rheno.

Selain berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Jeneponto, Pemuda Peduli Adik Renho juga melakukan komunikasi dengan DPRD Provinsi yang aspirasinya ditangani langsung oleh wakil ketua komisi E yakni Bapak Syaharuddin Alrif.

Syaharuddin Alrif Dalam rilisnya mengatakan pihaknya akan melakukan koordinasi dengan RS Wahidin Sudirohusodo agar Renho Prasetyo dapat secepatnya ditindak perawatannya.

"Saya di hubungi oleh Adinda Anwar ta'le dan keluarga bayi ini untuk minta di fasilitasi agar rujukannya di terima di RS Wahidin sudirohusodo, Karena bayi ini mengidap penyakit kanker kulit dan butuh untuk kemoteraphy, dan saya sudah minta bantuan ke direktur RS Wahidin Dr.Chalik beliau bersedia untuk membantu, Rencananya akan di bawa kewahidin setelah mendapat jadwal utk khemoterapy" Tutur Syaharuddin Alrif dalam rilis yang di kirim via whatshaap.

Selain itu, Kami dari Team pemuda peduli Rheno akan terus mengawal proses penyembuhan Rheno bersama dengan teman Walasuji dan Jaringan Kemanusiaan (Fajar Dg Rasang, Aris Arianto, Armin Sisanto, Anwar Ta'le, Fina Irmawati, Andi Malewa, dan kawan kawan yang tergabung dalam barisan pemuda Jeneponto peduli adik Renho membuka donasi melalui via tansfer ke rekening BRI :034301030793504 atas nama Hartamin. Segala bentuk sumbangan kami serahkan sepenuhnya kepada keluarga Adik Rheno.

Tags

Berita Terkait