Breaking News

Manfaat Dan Khasiat Susu Kambing Etawa

Ilustrasi

 

GEMPITANEWS.COM - Susu adalah minuman tambahan yang memiliki kandungan gizi yang benar-benar baik dan sangat direkomendasikan untuk tubuh. Manfaat dan khasiat susu untuk kesehatan telah popular di kalangan masyarakat, entah itu susu sapi atau susu kambing. Dengan meminum segelas susu pada pagi hari akan membantu kelancaran aktifitas seharian.

Nah, disini akan kita bahas tentang manfaat dan khasiat susu kambing etawa untuk kesehatan yang kini semakin popular di masyarakat, selain untuk kesehatan, manfaat dan khasiat susu kambing etawa juga baik untuk terapi pengobatan. manfaat dan khasiat susu kambing etawa untuk ibu hamil.

Manfaat Dan Khasiat Susu Kambing Etawa sudah sejak zaman dulu digunakan untuk kesehatan, dan pengobatan. Dari hasil sebuah penelitian, susu kambing etawa baik dikonsumsi oleh segala usia, karena manfaat dan khasiat dari kandungan susu kambing etawa sangat hebat. Dari kandungan nutrisinya, susu kambing etawa tidak kalah dengan susu yang lainnya, bahkan melebihi kualitas ASI.

Susu kambing etawa sangat baik dan dianjurkan untuk dikonsumsi mulai dari bayi sampai manula, ibu hamil, ibu menyusui, dan juga dapat digunakan sebagai terapi penyembuhan berbagai penyakit (seperti asma, liver, kencing manis/ diabetes, dll).

Kandungan, Manfaat Dan Khasiat Susu Kambing Etawa Dari hasil penelitian para ahli, bahwa kandungan kalium (potassium) yang terkandung pada susu kambing etawa sangat bermanfaat menstabilkan tingginya tekanan darah, mengatur fungsi kerja jantung dan menekan resiko terkena arteriosclerosis dan mengurangi seseorang mengalami resiko terkena penyakit stroke dan jantung.

Kelebihan dan Kandungan dalam susu kambing etawa tidak diragukan lagi untuk kesehatan tubuh manusia dan sangat kaya nutrisi, diantaranya : Kandungan flourin + betakasein, bisa digunakan sebagai terapi pengobatan gangguan pernafasan, seperti penderita Bronchitis, Asma, TBC, Pneumonia. Kandungan A2-betakasein dan Asam Amino Esensia, berfungsi untuk membantu kerja pancreas sebagai penghasil dan pembentuk insulin yang berguna bagi penderita diabetes / kencing manis. Cynokobalamin, berfungsi membentuk zat HB bagi penderita demam berdarah, anemia, thalasemia. Kalium, berfungsi menstabilkan dan menormalkan tekanan darah, sehingga sangat tepat untuk penderita arteriosclerosis, penderita tekanan darah tinggi maupun tekanan darah rendah. Enzim Xanthine Oxydase dan Niasin (Vit B3) berfungsi mengatasi sel kanker / tumor dan mengurangi efek toksis kemoterapi Kalsium, sangat membantu pertumbuhan, memadatkan tulang, mencegah osteoporosis dan pengapuran tulang untuk orang yang sudah mulai beranjak lansia. MCT (Medium Chain Trygliseride), berguna untuk orang yang sedang progam dietary dan penyembuhan akibat stroke. Lactoglobulin, berfungsi untuk penahan protein yang disebabkan alergi. Riboflavin (Vit B2) dan (B3) yang berfungsi menumbuh kembangkan sel otak dan sel system saraf sehingga baik bagi kecerdasan anak dan menurunkan frekuensi serangan migrain.

Di setiap 100 gram susu kambing etawa mengandung 3-4% protein, 4-7% lemak, 4,5% karbohidrat, 134 gram kalsium dan 111 g fosfor. Komposisi kimiawi susu kambing etawa mengandung protein, lemak, karbohidrat, kalori, kalsium, fosfor, magnesium, besi, natrium, kalium, vitamin A,B1 (IU), B2 (mg), B6, B12, C, D, E, Niacin, V, Asam Pantotenant, Kolin dan Inositol. Dengan rutin memberikan susu kambing etawa kepada anak, akan memiliki kepadatan tulang yang baik, kadar hemoglobin meningkat, serta kecukupan vitamin A, B1, B2 dan B3 yang penting bagi pertumbuhan dan perkembangan sel otak dan saraf yang bisa membantu kecerdasan. Asam amino yang mengandung unsur belerang metionin, sistin dan sistein penting untuk membangun kesehatan otak dan sistem saraf, serta berperan dalam pembentukan sel darah penawar racun (detoksifikasi) bahan bahan kimia berbahaya yang masuk ke dalam tubuh.

Kelebihan Susu Kambing Etawa Dari segi nutrisi, komposisi, dan sifat alami, susu kambing etawa memiliki kandungan yang mendekati atau bahkan melebihi kandungan dalam ASI. Mempunyai sifat antiseptik, alami dan bisa membantu menekan pembiakan bakteri dalam tubuh. Hal ini disebabkan adanya flourin yang kadarnya 10-100 kali lebih besar dari pada susu sapi. Bersifat basah (alkaline food) sehingga aman bagi tubuh. Proteinnya lembut dan efek laktasenya ringan, sehingga tidak menyebabkan diare. Kandungan protein yang terkandung lebih baik daripada telur. Lemaknya mudah dicerna karena mempunyai tekstur yang lembut dan halus lebih kecil dibandingkan dengan butiran lemak susu sapi atau susu lainnya. Dan juga bersifat homogen alami. Hal ini mempermudah untuk dicerna sehingga menekan timbulnya reaksi-reaksi alergi. Susu kambing etawa dapat dicerna oleh manusia 20 menit lebih cepat dari pada susu lainnya.

Susu kambing etawa mengandung sodium (Na), Fluorin (F), Kalsium (C), dan Fosfor (P) sebagai elemen kimia yang dominan serta kandungan nutrisi lainnya. Maka susu kambing etawa memiliki khasiat : Membantu pencernaan dan menetralisir asam lambung. Sebagai terapi penyembuhan penderita asma, TBC dan infeksi paru-paru akut menahun. Membantu mengobati alergi pada kulit dan organ tubuh lainnya. Menambah stamina dan daya tahan tubuh. Mengatasi masalah impotensi/ frigiditas serta meningkatkan vitalitas pria dan wanita dewasa. Berkhasiat untuk penderita kelainan fungsi ginjal atau dalam dunia medis disebut dengan neprotic sindrom. Berkhasiat sebagai terapi penyembuhan asam urat. Berkhasiat untuk pembentukan tulang, sangat dianjurkan bagi mereka yang menderita reumatik dan mencegah kerapuhan tulang/ osteophorosis. Membantu untuk memberikan asupan nutrisi dan gangguan metabolisme tubuh lainnya. Membantu menghaluskan kulit karena sudah ada susu kambing etawa dalam bentuk sabun (Soap).

Berita Terkait