Breaking News

Klarifikasi Koordinator Peduli Adik Rheno Penderita Xeroderma Pigmentosum XP

Hartamink Jeka dan Adik Rheno Setiawan

Gempitanews.com, Jeneponto - Beberapa hari yang lalu tersebar di sosial media adik Rheno Frasetyo penderita penyakit kusta (sesuai berita yang beredar) asal Desa Mallasoro Kec. Bangkala Kab. Jeneponto yang mendapat perhatian dari para penggiat sosial dan kemanusiaan, namun dalam berita tersebar kembali di klarifikasi oleh Koordinator Peduli adik Rheno Frasetyo, Hartamink Jeka dalam wawancara di kabupaten Jeneponto, 28 Desember 2017.

Hartamink Jeka Menjelaskan dalam wawancaranya bahwa dalam Menindak lanjuti terkait adik Rheno yang di beritakan sebagai penderita penyakit Kusta setelah kami dan teman-teman Peduli Rheno Frasetyo berkunjung di kediamannya dengan ini Kami tegaskan bahwa adik Rheno bukan menderita kusta melainkan Menderita penyakit Kulit Xeroderma Pigmentosum (XP) yaitu suatu penyakit yang di sebabkan kelainan bawaan (Genetik) yang sangat sensitif terhadap paparan sinar matahari.

Hartamink menambahkan bahwa Xeroderma Pigmentosum (XP) ketika kulit terkena paparan sinar matahari langsung akan terjadi bintik-bintik hitam pada kulit dan lama kelamaan akan melepuh, sedang tumor yang ada di sebelah kiri hidung Rheno telah di operasi beberapa bulan yang lalu namun masih butuh perawatan intensif dalam hal ini kemoterapy setiap dua minggu. Hal ini Kami sampaikan demi mencegah stigma negatif dan diskriminasi di lingkungan adik Rheno.

Menurut pengakuan Orang Tua Rheno Mansyur Dg Rani dan Ny, kemoterapy terputus karena keterbatasan biaya serta keterbasan kamar di RS Wahidin dalam melakukan tindakan medis.

"kalau di bawa ke wahidin itu kita menunggu waktu yang tidak pasti untuk di tindaki karena tidak ada ruangan kosong, dokternya ada cuma ruangan untuk menindaki tidak ada karena terpakai pasien lain". Ucap Hartamink meniru ucapan Mansyur Dg Rani orang tua Rheno saat di temui di kediamannya.

Dari keluhan itu kami dan teman-teman mencoba koordinasi dengan Kepala Dinas Kesehatan dalam hal ini di Wakili Ns Rinald lili Ketua PPNI Kab. Jeneponto dan Pak Hasbi, SKM kepala Puskesmas Bangkala Induk.

Pak Hasbi menambahkan "Saya Akan terus bersama adik Rheno demi kesembuhannya, Puskesmas ini selalu terbuka 24 jam kami siap melayani kapanpun dengan segala kemampuan kami" tutur Hasbi, SKM.

Kami dari Team Pemuda Peduli Adik Rheno, Walasuji dan seluruh teman-teman Fasilitator Program Keluarga Harapan (PKH) Kab. Jeneponto akan terus mengawal proses penyembuhan adik Rheno, Buat teman-teman, Para Dermawan yang ingin mendonasikan sebagian hartanya kami membuka Donasi di rekening BRI :034301030793504 Atas Nama Hartamin, bagi yang butuh informasi lebih lanjut silahkan hubungi kontak person 085244058818, Mari Berbagi Karena kita bukan siapa-siapa tanpa mereka. Tutup Hartamink Jeka.

Tags

Berita Terkait