Breaking News

Gempita Pangandaran Tanam Perdana Kedelai

Gempitanews.com, Pangandaran - Tanam Kedelai Pangandaran, 9 Desember 2017- Gempita Kabupaten Pangandaran mengadakan tanam perdana kedelai di Dusun Pasiragas RT 02/01 Desa Mekarwangi Kecamatan Langkaplancar bersama-sama dengan Kelompok Tani Girikarya untuk mendukung swasembada pangan di Kabupaten Pangandaran.

Kegiatan tanam perdana kedelai tersebut dihadiri oleh Kepala Desa Mekarwangi, Camat Langkaplancar dan koordinator penyuluh pertanian Kecamatan Langkaplancar.

Penanaman kedelai perdana tersebut dilakukan oleh 150 anggota Kelompok Tani Girikarya secara serentak dan bersama-sama. Hanya dalam waktu 30 menit, acara tanam perdana kedelai seluas 50 hektar selesai dilaksanakan.

Camat Langkaplancar, Kodir Zulhaedir menegaskan bahwa sinkronisasi dan penguatan kelembagaan petani sangat penting baik di tingkat BPP, Gapoktan dan PPS (penyuluh pertanian swadaya), yang merupakan garda terdepan bidang penyuluhan di desa-desa. PPS senantiasa berhubungan langsung dengan kelompok tani dan Posluhdes. Peranannya sangat penting dalam mengoordinasikan kelembagaan pertanian.

Senada dengan Camat Kodir, Kepala Desa Mekarwangi, Icang, mengharapkan kepada penyuluh swadaya di desa agar bersinergi dengan para petani khususnya di desa Mekarwangi. PPS dan petani diharapkan bahu-membahu dan saling bekerjasama, dengan begitu kesejahteraan petani dapat lebih meningkat dan tujuan swasembada pangan khususnya di Desa Mekarwangi, umumnya di Kabupaten Pangandaran dapat segera direalisasikan.

Kegiatan tanam perdana kedelai di Desa Mekarwangi tersebut merupakan kegiatan yang pertamakali dilakukan di Kabupaten Pangandaran bekerjasama yang dimotori oleh Gempita Kabupaten Pangandaran.

Tarli Sutarli selaku koordinator Gempita Pangandaran, mengajak kepada seluruh pemuda di Kabupaten Pangandaran untuk bersama-sama memanfaatkan lahan tidur yang ada agar menjadi lebih produktif dan memberikan kesejahteraan yang nyata bagi petani.

Tags

Berita Terkait