Breaking News

Akhir Tahun Komunitas di Jeneponto Menanam 6000 Mangrove

Penanaman Mangrove di kawasan Hutan Mangrove Kampung Ra'ra Desa Balangbaru, Kecamatan Tarowang, Kabupaten Jeneponto.

Gempitanews.com, Jeneponto - Kegiatan Penanaman Mangrove di laksanakan salah satu Komunitas Pemuda Lokal Desa Balangbaru Kec. Tarowang, Kab. Jeneponto bernama KBR Community (Komunitas Kayu Bangkoa Ra'ra) di Kawasan Kampung Mangrove Ra'ra pada tanggal 25 Desember 2018.

Pada kegiatan ini di Hadiri Babinsa Setempat Pak Saharuddin dan Sekitar 70 orang peserta dari berbagai Komunitas atau Organisasi yakni dari Karang Taruna Desa Tarowang, KPA Sipakatau, KPA Lanindring, KPA Bumi Ardanu, Kompak (Komunitas Pecinta Alam Kampung), Sulo Pustaka Turatea, PBR (Panrita Baca Rakyat), PB FPM Sul-sel, FPM sul-sel PC Jeneponto, FPM sul-sel PC Bantaeng, FPM sul-sel PC Bulukumba, Pemuda BTB Sedayu, PADUPA (paguyuban Duta Pariwisata Turatea),dan teman-teman lain yang hadir secara pribadi.

Foto Dokumentasi Kegiatan Penanaman Mangrove

Ahmad selaku Ketua umum KBR Community saat di jumpai oleh Tim Gempitanews.com di Kampung Mangrove Ra'ra mengatakan Pada kegiatan ini teman-teman berhasil mengumpulkan bibit Mangrove sebanyak 6000 dalam waktu satu minggu untuk persiapan penanaman mangrove akhir tahun ini dan berkat antusias teman-teman komunitas 6000 pohon ini berhasil kami tanam sesuai target waktu yang telah di tentukan, semoga ini menjadi langkah awal yang luar biasa buat KBR Community dan Komunitas lain yang terlibat, tuturnya.

Penanaman ini adalah upaya kita untuk melestarikan mangrove, kegiatan ini adalah cara kita menjaga alam, menjaga pesisir karena mangrove ini memiliki banyak manfaat di dalamnya hidup biota laut yang di butuhkan manusia selain itu juga menjadi pelindung dari abrasi bibir pantai bahkan mampu melindungi dari bencana seperti Tsunami. Kata Ahmad.

Harapan kami kedepan agar penanaman 6000 Mangrove ini selanjutnya bisa kita jaga sebab ini adalah amanah dari berbagai komunitas yang terlibat agar tumbuh dengan baik dan kegiatan seperti ini bisa kembali di laksanakan dengan konsep yang lebih baik dan semoga menjadi ajang untuk kita bersilaturahmi dengan komunitas yang lain demi memperkuat persaudaraan, menyatukan simpul dan bersama-sama melakukan kegiatan untuk menjaga lingkungan demi melestarikan alam. Tutup Hafsir Sekretaris KBR Community.

Sekedar di ketahui bahwa hutan Mangrove di kampung Mangrove Ra'ra pertama kali di lakukan penanaman di tahun 1993 oleh warga dan terus di kembangkan oleh warga setempat, luas awal Penanaman seluas 75 Ha namun hingga hari ini tersisah 25 Ha, Hari ini Di Hutan Mangrove Ra'ra telah di buka Ekowisata Mangrove yang di kelola oleh Warga lokal bersama Pemerintah setempat.

Berita Terkait