Kabar Baik, Dua Jalan Tol Baru di Sumut Siap Digunakan Saat Mudik Lebaran

Ilustrasi tol Trans Sumatera. Dua jalan tol yakni Medan-Sinaksak dan Tebingtinggi-Indrapura akan difungsionalkan pada mudik Lebaran tahun 2023

Medan, PRESTASIREFORMASI.Com — Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi mengatakan dua jalan tol yakni Medan-Sinaksak dan Tebingtinggi-Indrapura akan difungsionalkan pada mudik Lebaran tahun 2023, meski pengerjaannya masih berlangsung.

Untuk Medan-Sinaksak digunakan satu jalur karena fly over Dolok Merawan belum rampung, sedangkan untuk tol Tebingtinggi-Indrapura sepenuhnya bisa difungsionalkan.

“Kita sudah mempersiapkan semuanya, jalan, lalu lintas, keamanan, pangan dan lainnya agar mudik masyarakat berjalan dengan lancar. Selain itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut juga mengoptimalkan jalur-jalur alternatif bekerja sama dengan Pemkab/Pemko,” kata Edy Rahmayadi, Jumat (14/4).

Edy Rahmayadi berpesan kepada masyarakat yang ingin mudik agar mempersiapkan diri, baik fisik, keamanan kendaraan, rumah yang ditinggalkan dan mematuhi anjuran petugas yang ada di lapangan.

“Memang banyak pos yang disiapkan di setiap titik-titik strategis, tetapi masyarakat juga harus mempersiapkan diri sebaik-baiknya, agar tidak ada masalah saat perjalanan,” ucap Edy Rahmayadi.

Truk dibatasi

Kepala Dinas Perhubungan Sumut Agustinus menambahkan untuk memperlancar arus lalu lintas maka operasional truk selama mudik akan dibatasi.

Truk dengan berat 14 ton ke atas dilarang melintas jalan nasional yang menjadi jalur utama mudik dari tanggal 17-21 April, 24-26 April dan 29 April-2 Mei. Ini juga berlaku untuk jalan provinsi, namun berat kendaraan pengangkut harus di bawah delapan ton.

“Selain keputusan bersama ini, Permenhub Nomor PM 75 Tahun 2021 tetap diberlakukan, jadi jalur Medan-Berastagi dan Pematangsiantar-Parapat tetap dibatasi saat cuti bersama. Ini berlaku untuk semua kendaraan muatan, kecuali kendaraan logistik pangan,” ujar Agustinus.

Sementara itu, Kapolda Sumut Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak menyebutkan dalam rangka Operasi Ketupat Toba Tahun 2023, pihaknya menyiapkan 110 pos pengamanan, 60 pos pelayanan dan 27 pos terpadu. Pos ini ditempatkan pada lokasi-lokasi strategis jalur mudik.

“Pos pelayanan untuk masyarakat kita yang butuh istirahat, ada juga bengkel untuk yang kendaraan rusak dalam perjalanan, ada juga pos pengamanan dan terpadu,” urai Panca.

Panca Putra Simanjuntak juga mengatakan telah meninjau langsung jalur utama mudik dari Kabupaten Mandailingnatal hingga Langkat. Menurutnya, jalur utama dalam kondisi baik untuk dilalui, namun masih ada beberapa yang perlu dibenahi.

“Dua hari yang lalu saya sudah coba jalan dari Madina hingga Langkat, jalannya sudah bagus, ada sedikit-sedikit yang perlu diperbaiki, tetapi secara umum aman, jembatan Sei Wampu juga sudah rampung, sudah bisa dilalui, mudah-mudahan mudik kita tahun ini lancar semua,” katanya. ((h/cnnindo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *